Font Paling Hemat Tinta dan Toner

Jumat, 26 Desember 2008 ·

Agensi komunikasi kreatif, Spranq yang berbasis di Utrect, telah mendesain font Ecofont, sebuah font TrueType yang didesain untuk lebih menghemat tinta dan toner, demi kesadaran ekologi lingkungan juga. Spranq membuat keajaiban dari resource Ecofont dengan menggunakan open source Vera Sans penuh dengan lubang. Seperti yang diklaim oleh website Spranq, setelah adanya lubang di keju Belanda, sekarang ada font Belanda yang berlubang.

Menurut Spranq, Ecofont dapat menghemat tinta user atau penggunaan toner oleh user, hingga mencapai 20 persen, walaupun Spranq juga mengingatkan bahwa makin kecil ukuran huruf (font size), maka makin sedikit tinta yang digunakan. Dari hasil tes yang dilakukan oleh Spranq menunjukkan bahwa terdapat beberapa kasus dari dampak penggunaan Ecofont ini.

Ketika Ecofont digunakan untuk text standard, lubang font Ecofont akan tampil secara natural. Lubang Ecofont akan tampak sangat jelas ketika digunakan untuk menulis ukuran headline, dan secara bersamaan akan sekaligus menghemat tinta dan toner. Selain Ecofont, Spranq juga menyediakan tips mencetak yang eco-friendly, sesuai dengan visinya untuk menyelamatkan bumi. Tips tersebut dari “print only when necessary” menjadi “use modern color separation techniques”. Ecofont sendiri hadir via website Ecofont (ecofont.eu/downloads_en.html) dan bisa di-download gratis. Ecofont kompatibel dengan system operasi Windows Vista, Windows XP, Mac OS X, dan Linux.

0 komentar:


ShoutMix chat widget