Plug-in OXML di Firefox

Senin, 08 Desember 2008 ·

Microsoft hari ini telah merilis sebuah plug-in untuk Firefox yang memudahkan user untuk melihat dokumen Open XML di dalam browser open source populer. Perusahaan software besar tersebut mengatakan bahwa Open XML Document Viewer akan bekerja di dalam Firefox dan dapat digunakan di platform Windows juga Linux, tanpa memerlukan instalasi local dari MS Office. Microsoft mengatakan bahwa Firefox yang baru kini memiliki OXML viewer yang friendly dengan adanya transalasi interoperabilitas secara langsung antara format OXML dan HTML.

Microsoft juga membuat OXML/ODF Translator versi 2.5 yang akan ditambahkan di MS Office 2003, 2007, dan Windows XP. Selain itu, masih ada juga SDK (Software development Kit) untuk pengembang Java yang ingin menggunakan dokumen OXML. Microsoft sendiri telah merespon tantangan rival lainnya yang mencuri start menggunakan dokumen OXML Viewer di luar Office 2007. Sebut saja OpenOffice 3, yang telah dirilis Oktober lalu telah siap dengan documents OXML tanpa perlu membeli Office 2007.

Microsoft adalah member dari DII (Document Interoperability Initiative), yang di dalamnya jug masih ada rival Microsoft, seperti Novell, Dataviz dan QuickOffice. Dokumen OXML Microsoft akan hadir di bulan Maret tahun depan untuk menambah interoperabilitas antara OXML dan XML berbasis dokumen, seperti open source ODF (OpenDocument Format). Format Open XML ini akan diubah menjadi simple OXML untuk proses standardisasi. Namun, OXML telah kehilangan tag Office karena spesifikasi OXML yang tidak perlu menggunakan Microsoft Office.

0 komentar:


ShoutMix chat widget