Tempat Berkumpulnya Innovator Hi-Tech

Kamis, 18 Desember 2008 ·

Silicon Valley adalah sebuah tempat di selatan area Teluk San Fransisco, di California Utara, Amerika. Term kata tersebut aslinya mereferensikan luasnya area regional yang besar dari sejumlah innovator dan manufaktur chip, namun tiba-tiba berubah menjadi pusat area bisnis hi-tech. Slicon Valley telah menjadi pusat ekonomi di Amerika, dan akan berlanjut untuk menjadi pusat area inovasi hi-tech karena adanya sejumlah besar engineer dan kapitalis pengusaha (venture capitalists).

Term Silicon Valley pertama kali diciptakan oleh Ralph Vaerst, seorang entrepreneur di California Utara. Kata ‘Silicon Valley’ kemudian dipublikasikan oleh Don Hoefler, teman dari Vaerst, yang menggunakan kedua kata tersebut sebagai title dari article perdagangan mingguan “Silicon Valley USA”, mulai tanggal 11 January, 1971. Kata Valley sendiri merujuk dari kata Santa Clara Valley, yang berlokasi di Teluk San Fransisco, sementara Silicon merujuk ke perusahaan konsentrasi tinggi dalam industri computer dan semiconductor, yang terkonsentrasi di satu area.

Kesuksesan Silicon Valley didorong oleh dua faktor utama, kreativitas inovasi dan entrepreneurship. Di Silicon Valley tersebut terdapat sebuah universitas bernama Stanford University yang merupakan salah satu universitas terbesar di dunia. Dari universitas tersebut banyak lahir perusahaan-perusahaan IT kelas dunia yang mampu merajai dunia IT. Mulai dari Sun Microsystem sampai dengan yang paling besar, Google. Di Stanford, banyak sekali riset-riset yang merangsang inovasi teknologi tinggi karena mahasiswanya yang sangat produktif untuk menghasilkan produk-produk IT.

Faktor entrepreneurship Silicon Valley ini, terdapat begitu banyak kapitalis pengusaha dan investor yang berani mengeluarkan sejumlah besar uang uang untuk membiayai riset kreatif di Stanford. Salah satu kapitalis pengusaha yang terkenal adalah sequoia capital. Perusahaan yang termasuk sequoia capital adalah :

* Adobe Systems
* Advanced Micro Devices (AMD)
* Agilent Technologies
* Apple Inc.
* Applied Materials
* Business Objects
* Cisco Systems
* eBay
* Google
* Hewlett-Pac kard
* Intel
* Intuit
* LSI Logic
* Maxtor
* National Semiconductor
* NetApp
* Nvidia
* San Disk
* Symantec
* Sun Microsystems
* Yahoo!

Dengan dukungan dari para kapitalis inilah, entrepreneuship berteknologi tinggi di Silicon Valley dapat berkembang pesat. Para innovator yang selama ini berkutat di kampus bisa melangkah sedikit keluar wilayah kampus untuk mencari dana, mendapat dukungan dan mengimplementasikan idenya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...
9:02 PM, Desember 19, 2008  

Penemuan Air Luar Angkasa di Galaksi terjauh!!!


ShoutMix chat widget