Buat Penggemar Python, Python 3.0!!!

Kamis, 11 Desember 2008 ·

Bahasa pemrograman Python 3.0 kini telah hadir. Seorang founder project Python ini, Guido van Rossum, mengungkapkan Python versi 3.0 tersebut telah membuka kompatibilitas, lebih berfokus di perbaikan di detail dan penghapusan kode-kode yang sudah kadaluarsa. “Bahasa Python versi baru ini adalah sama dengan sebelumnya, namun banyak detail, seperti bagaimana membangun object, termasuk dictionary dan cara kerja string, telah diubah, dan banyak fitur buruk telah dihilangkan. Selain itu, library standard juga telah diorganisasi kembali dalam beberapa tempat.” kata Rossum.

Python, berawalan dari huruf ‘P’, seperti PHP dan Perl, yang sama-sama berjalan di software LAMP, kepanjangan dari Linux, Apache dan MySQL, yang biasa digunakan di banyak perusahaaan Web 2.0 seperti YouTube, Flickr, Digg, dan deli.cio.us sebagai arsitektur open source. Menurut Rossum, Python 3.0 berjalan 10 persen lebih lambat dibandingkan Python 2.5. Sementara di versi 2.6 telah menyediakan migrasi path dengan memperkenalkan fitur Python 3.0, dengan tanpa translate otomatis legalisasi kode Python seperti yang ada di Python 3.0.

Terdapat mekanisme baru untuk mencetak dan formats string di Python 3.0. Statement mencetak telah digantikan oleh fitur baru yang lebih konsisten. Di Python tradisional, fungsi string masih menggunakan operator ‘%’, sedangkan di Python versi baru tersebut menggunakan string operator ‘%s’. Hal tersebut untuk menspesifikasikan value yang ada. Format string tersebut juga mengandung integer string berupa index numeric dari format parameter yang ada dalam string. Syntax string juga support dengan nama parameter, object attributes, dan item.

Python 3.0 memberikan improvisasi baru ke model object dan style class baru. Beberapa improvisasi OOP (Object Oriented-Programming) telah diperkenalkan sebelum di versi 2.6, termasuk support untuk class base abstract dan class decorator. Beberapa fitur yang dihilangkan, termasuk support operator seperti ‘<>’ yang telah diganti dengan operator ‘!=’ di semua kasus. Perubahan kompatibilitas memang tidak mudah untuk bahasa pemrograman yang populer, namun justru merupakan pengembangan besar project Python skala besar, walaupun mungkin dirasa sulit di distro Linux enterprise.

1 komentar:

mfkasim mengatakan...
8:41 AM, Desember 30, 2008  

Wow! Python 3.0 memang keren!
Viva Python!


ShoutMix chat widget