Apple Mulai Jatuh

Jumat, 02 Januari 2009 ·

Saham Apple mulai jatuh, Selasa lalu, setelah adanya berita bahwa CEO Apple, Steve Jobs tidak akan hadir sebagai keynote address di MacWorld Expo minggu depan, karena adanya masalah dengan kesehatannya. Dalam sebuah blog Gizmodo, Apple menyanggah bahwa pihaknya akan memilih strategi lain, dengan memegang keynote tanpa Jobs, yang memang mengalami masalah kesehatan. Namun, Apple tidak berkomentar mengenai apa yang tertulis di blog tersebut dan tidak merespon permintaan IDG News untuk konfirmasi.

AAPL (Apple's Nasdaq stock) telah ditutup di angka $86.61, Senin lalu, kemudian jatuh lagi 2 persen sekitar $84.72. Apple juga mengumumkan tangal 6 Desember lalu bahwa pada MacWorld Expo, 6 Januari mendatang, Phil Schiller, wakil presiden senior di San Fransisco, akan menggantikan Steve Jobs menjadi keynote address. Telah puluhan tahun sejak Schiller kembali ke Apple di tahun 1997, Jobs-lah yang memberikan pidato dan Apple menggunakannya untuk launching platform product yang penting, termasuk iPhone di tahun 2007 dan MacBook Air di tahun 2008.

Pada waktu yang sama, Apple mengatakan akan menghentikan pameran di MacWorld Expo setelah event bulan Januari. Apple menyatakan bahwa trade show tersebut telah menjadi bagian minoritas dalam strategi marketingnya. Kemudian berkaitan dengan kesehatan Jobs, sejak tampilnya ia di Apple's Worldwide Developer Conference di bulan Juni lalu, beberapa pengamat yang hadir mengatakan bahwa Jobs tampak kurus.

Bahkan bulan Oktober lalu, Apple sudah mengalami penurunan lebih dari 10 persen setelah adanya masalah kesehatan kanker pancreas yang diderita oleh Jobs. Untuk itu, Apple kemudian buru-buru mengkonfirmasi dari section “citizen journalist” yang tidak terfilter di website CNN, bahwa kasus anjloknya pendapatan Apple, bukan karena alasan sakit Jobs.

0 komentar:


ShoutMix chat widget