Suara Music Video Hilang Pada Youtube

Selasa, 27 Januari 2009 ·


Rabu lalu, YouTube bermaksud menyeimbangkan kebutuhan pemegang hal cipta musik dan content-nya dengan pengguna YouTube, hingga YouTube memberikan pilihan bagi siapa saja yang ‘membajak’ atau bahkan mendengarkan lagu dari musisi seluruh dunia, maka harus bersiap untuk ketidaknyamanan dalam menikamti videonya. Hasilnya ratusan video akan keluar tanpa suara, walaupun gambar masih tetap ada. Tindakan YouTube ini merupakan tanggapan dari permintaan Warner Music Group di bulan Desember lalu, dimana YouTube menghapus akses video musik dari Warner. Permintaan tersebut datang setelah adanya negosiasi mengenai persetujuan lisensi.

Setelah perjanjian lisensi tersebut disahkan, YouTube buru-buru memperingatkan user, bahwa mereka tidak akan bisa menonton video dengan musik yang dimiliki Warner Music Group, karena YouTube telah memblokirnya. “Lisensi music bisa sangat membingungkan, namun kamu mencoba membuat pengalaman menikmati video dan music untuk user, menjadi lebih simple. Kami inigin user memikirkan terlebih dulu sebelum men-download video dengan music, terutama menyangkut video dan music orang lain.” ungkap pihak YouTube.

Tindakan YouTube sempat membuat para ‘penggemarnya’ menjadi berang. Salah satu member YouTube, KariWolf, dalam blog-nya mengungkapkan, bahwa apa gunanya melihat video musik, jika tidak bisa mendengarkan lagu tersebut. Member lainnya bernama HispanicImpression, menyatakan YouTube suka menghapus video, dan bahkan sekarang malah menghilangkan suara music dalam video. HispanicImpression bahkan juga mengajak member dan pengguna YouTube lainnya untuk memboikot industri music, hanya membeli CD audio, dan tidak perlu men-download dari situs music online.

0 komentar:


ShoutMix chat widget