Prototype Dikembangkan

Senin, 26 Januari 2009 ·

Mungkin karena terinspirasi oleh jubah tak kelihatan dari film Harry Potter, para peneliti di Universitas Duke mengatakan pihaknya kini sedang mengembangkan sebuah prototype yang bisa membuat orang tidak kelihatan (invisible). Prototype tersebut yang biasa digunakan di fil fiksi Harry Potter untuk menyusup ke hall sekolah Hogwarts dan memata-matai musuhnya tanpa kelhatan, salah seorang peneliti, David R. Smith, mengungkapkan prototype tersebut bisa digunakan untuk improvisasi komunikasi wireless dan pelindung gelombang seismic.

Para peneliti Universitas Duke tersebut mengungkapkan kreasi terbaru mereka akan memuaskan daripada prototype simple yang pernah mereka kembangkan di tahun 2006. Prototype baru tersebut menggunakan rangkaian algoritma dan berbagai material untuk membuat gelombang elektromagnetik di sekitar object, dan memunculkan gelombang elektromagnetik di sisi lain, seperti menembus apapun, kecuali udara.

“Device yang kami kembangkan dapat menutup spectrum gelombang yang luas, hampir tak terbatas. Material dalam device prototype ini dapat membelokkan gelombang elektromagnetik. Ketika gelombang dibelokkan di sekitar material prototype, maka prototype akan muncul, jika object tidak berada dalam prototype.” ungkap Smith.

Duke mengatakan, fenomena prototype invisible ini sama seperti imajinasi atau khayalan. Sama seperti sewaktu melihat genangan air di jalan ketika siang yang terik, namun sebenarnya adalah refleksi dari matahari di langit. Prototype yang didesain para peneliti di Duke ini berukuran 20 inch x 4 inch dan dengan tebal kurang dari 1 inch. Prototype tersebut dibuat lebih dari 10,000 potongan yang disusun dengan baris parallel. Setiap potongan mengandung material fiberglass yang digunakan di board circuit dan disisipi dengan tembaga. Smith menjelaskan algoritma dalam prototype akan membentuk prototype dan ditempatkan di setiap potongan.

0 komentar:


ShoutMix chat widget