Cari Pengganti Jerry Yang

Selasa, 13 Januari 2009 ·

Bagaimana kabar Yahoo pasca pengunduran diri co-founder sekaligus CEO-nya, Jerry Yang? Rupanya salah satu perusahaan raksasa Internet setelah Google ini sedang sibuk mencari pengganti Jerry Yang.

Hingga kini dari dalam intern Yahoo sendiri setidaknya telah mucul dua kandidat kuat pengganti Yang. Mereka adalah Carol Bartz, yang kini menjabat sebagai CEO of AutoDesk; dan Susan Decker, yang kini menjabat sebagai President. Lebih lanjut mengenai pencalonan dua kandidat ini, juru bicara Yahoo, Kim Rubey menolak memberi keterangan dan berspekulasi lebih lanjut.

Sementara itu di tempat terpisah, Colin Gillis, direktur riset TheStreet.com mengatakan bahwa Yahoo membutuhkan seorang pimpinan yang kharismatik, optimis dengan visi kepemimpinan yang kuat, karena perusahaan ini baru saja mengalami keterpurukan sehingga pimpinan yang baru diharapkan dapat mendorong moral karyawan untuk bangkit dan memenangkan kompetisi, serta kembali merebut hati masyarakat.

Lebih lanjut menurut Gillis, penunjukan Bartz sebagai CEO akan dapat memberikan satu sinyal positif ke Wall Street bahwa Yahoo serius dalam mengupayakan pengembalian citra perusahaan dan dominasi Yahoo di dunia Internet.

Sedangkan mengenai Decker, Gilliss tidak banyak memberikan pendapatnya mengenai kesempatannya untuk posisi CEO. Menurutnya Susan Decker tidak akan memberikan awal yang baru bagi Yahoo, banyak anggota pemegang saham yang melihatnya sebagai ’orang dari rezim lama’ yang telah membawa Yahoo dalam keadaan seperti saat ini.

Walaupun, Bartz dan Decker adalah dua kandidat utama untuk saat ini, namun Gillis melihat adanya kemungkinan untuk munculnya kandidat ketiga. Mengenai hal ini Gillis berspekulasi bahwa kemungkinan besar kandidat ketiga akan muncul dari anggota pemegang saham dari Carl Icahn's group. Dari Icahn's group sendiri menurut Gillis ada 2 nama kandidat, yaitu pejabat CEO Nextel Partners, John Chapple; dan Frank Biondi, yang sekarang memimpin WaterView Advisors private equity group sekaligus juga direktur dari beberapa perusahaan seperti Hasbro, Amgen dan Cablevision.

”Jika sampai Frank Biondi atau John Chapple terpilih, maka kita akan melihat kesepakatan antara Yahoo dan Microsoft segera berlangsung”, kata Gillis.

1 komentar:

Blogger mengatakan...
12:13 PM, Januari 18, 2009  

wkwkw mau nyoba jadi kandidat ntar malah saya ditimpukin sepatu wkwkwkwkw


ShoutMix chat widget