Windows Cloud Siap Diluncurkan Bulan Ini Oleh Microsoft

Jumat, 03 Oktober 2008 ·

Mengikuti tren cloud computing, Steve Ballmer mengumumkan di sebuah konferensi di London bahwa mereka akan merilis "Windows Cloud" di acara Professional Developer Conference (PDC) bulan ini. "Kita membutuhkan sebuah sistem operasi yang didesain untuk cloud dan kita akan memperkenalkan produk ini sekitar empat minggu dari sekarang, saat itu kita juga sudah akan memiliki nama yang benar. Untuk hari ini kita sebut saja produk ini 'Windows Cloud,'" tutur Ballmer.

Windows Cloud akan berbasiskan Windows Server dengan tambahan fitur dan karakteristik baru seperti geo replication, management modelling dan SOA (service oriented architecture) yang didesain khusus untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi cloud computing seperti Gmail dan Google Docs.

Ballmer tidak menjelaskan Windows Cloud secara detil, tetapi mengatakan bahwa Windows Cloud dan Windows 7 adalah dua proyek yang terpisah, menekankan bahwa Microsoft tidak melihat visi di mana semua aplikasi dipindahkan dari desktop ke cloud "Google mengatakan bahwa masa depan dunia komputer adalah komputasi dengan paradigma thin client tetapi mereka kemudian mengeluarkan sebuah browser yang pada intinya adalah sebuah sistem operasi besar yang didesain untuk bersaing dengan Windows, tetapi malah harus dioperasikan di atas Windows." Aplikasi penyuntingan dokumen seperti Microsoft Office akan tetap dioperasikan secara lokal di PC, akan tetapi Microsoft tengah menyiapkan layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan manipulasi dokumen "ringan" melalui web.

Saya kurang setuju dengan observasi Steve Ballmer ini, mungkin hari ini Chrome masih harus dioperasikan di atas Windows, tetapi cloud computing masih merupakan sebuah teknologi balita yang masih dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Kita sudah melihat bagaimana Asus berencana untuk mengemas ExpressGate (Splashtop) di semua motherboard-nya yang mampu mengoperasikan berbagai aplikasi seperti Firefox dan Skype dengan cepat, hanya membutuhkan beberapa detik untuk boot.

Apabila semua aplikasi dipindah ke cloud, komputer sudah tidak membutuhkan sistem operasi penuh lagi, tetapi tentunya paradigma ini hanya berlaku apabila kita memiliki konektivitas internet setiap saat, sesuatu yang menjadi fokus utama di Ubuntu Intrepid Ibex.

Di konferensi ini Ballmer juga mengkonfirmasikan adanya proyek Midori yang akan menjadi OS penerus Windows, mengatakan bahwa masalahnya adalah "rahasia dalam Microsoft selalu bocor. Karyawan yang memiliki kantor di samping pengembang Midori tidak seharusnya tahu tentang Midori."

Selain itu Ballmer menolak untuk memberikan detil lebih lanjut, mengatakan bahwa "hanya sebatas itu yang dapat saya katakan, kalau tidak kita tidak akan memiliki pengumuman besar untuk satu bulan lagi."

0 komentar:


ShoutMix chat widget