Alamat Internet Bakal Habis?

Senin, 29 September 2008 ·



Kian banyaknya pengguna internet di belahan bumi mendatangkan ancaman menipisnya persediaan alamat protokol internet (IP).(Wah!!!)
"Internet akan kehabisan alamat tahun 2010," lontar "Bapak Internet" Vint Cerf.

Pria yang ikut menciptakan sistem internet itu menyatakan bahwa situs web tidak memiliki cukup kode khusus yang memungkinkan komputer terhubung satu sama lain. Untuk menyelamatkan situasi, ilmuwan komputer terkemuka tersebut mengajak pr pengguna menciptakan sistem baru.

Cerf mengatakan, ketika alamat protokol internet (IP) telah habis, jaringan internet terancam dan banyak komputer tidak akan bisa online.(gmn ngeblognya nii kl kyk gtu??? T_T)
"Kondisinya seperti internet kehabisan nomor telepon. Padahal, tanpa nomor baru tidak akan ada pengguna baru", jelsnya.

Ketika internet diciptakan tauhn 1977, terdapat 4,2 Miliar alamat yg tersedia di sistem protokol internet versi 4 (IPv4). Setiap alamat di IPv4 memiliki serangkaian 32 nomor kembar. Seiring cepatnya perluasan broadband di seluruh dunia, diperkirakan alamat-alamat itu akan habis pada 2010.(Wew, msiih lm sii, tp 9k bkal kerasa dech..)

Sebuah sistem baru dinamakan IPv6 (The Internet Protocol Version 6) telah siap dan sudah digunakan di Jepang. Sistem itu digunakan untuk menghubungkan ribuan sensor gempa bumi melalui sistem komputer, yang mampu mengirimkan sinyal otomatis ke program televisi dan mengubah lampu lalu lintas menjadi merah. IPv6 berukuran sepanjang 128 bits dan menyediakan 340 Triliun Triliun Triliun kemungkinan alamat.(cb aja triliunnya uang dollar..!!! ^_^)

0 komentar:


ShoutMix chat widget