Alat Penyimpan Data Terkecil Di Dunia

Minggu, 09 November 2008 ·

Para ilmuwan telah mengklaim perhitungan kuantum setelah menangani penyimpanan informasi di dalam nucleus sebuah atom, sehingga disebut device penyimpanan yang paling kecil. Tim ilmuwan tersebut berasal dari Universitas Princeton, Oxford dan Departmen Energi Amerika, dan telah menggunakan electron dan nucleus dari sebuah fosfor atom yag dilekatkan di kristal silicon. Baik electron ataupun nucleus memiliki magnet kuantum yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi kuantum.

“Electron akan berperan sebagai penengah antara nucleus dan dunia luar. Hal ini memberikan kemudahan untuk kami untuk melihat kecepatan proses yang santa cepat dari electron dan memberikan waktu memory lebih panjang dari nucleus.” Kata John Morton, salah seorang anggota peneliti di St. John College Oxford.

Ketika memory disimpan di nucleus selama beberapa detik, tim ilmuwan akan mengatur untuk menjaga akses informasi dalam dua detik. Para ilmuwan tersebut mempelajari ilmu kuantum yang menggambarkan bagaimana jika sistem kuantum digunakan untuk menyimpan informasi dengan waktu proses satu detik, plus teknik koreksi error sehingga dapat melindungi data untuk periode waktu tak terbatas.

“Tidak ada yang tahu berapa lama nucleus akan mampu menyimpan informasi kuantum di sistem-nya. Dengan ketelitian kristal dan adanya pengukuran yang hati-hati, maka kami dapat melihat kecepatan memory super cepat dibandingkan sebelumnya.” kata Steve Lyon, pimpinan tim dari Princeton.

0 komentar:


ShoutMix chat widget